Messi penalti Paraguay

VAR Hadirkan Banjir Penalti di Copa America 2019

Copa America 2019 hari ini kembali membawa kabar duka, dimana Argentina tak kuasa menghindari skor akhir 1-1 kontra Paraguay. Hasil ini jelas memberatkan Argentina untuk keluar dari zona bawah klasemen Grup B. Menariknya di pertandingan ini adalah keputusan wasit Wilton Sampaio asal Brasil yang memberikan hadiah dua penalti untuk Argentina dan Paraguay.

Pertandingan yang di awali dengan tensi tinggi ini menghadirkan ketegangan yang begitu besar, pasalnya Argentina harus tertinggal gol lebih dulu dari Paraguay yang berhasil dilesakkan oleh gol Ricard Sanchez dari assist Miguel Almiron di menit 37.

Argentina bisa dibilang tim yang paling beruntung, pertama mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui proses tendangan penalti dari kaki Lionel Messi di menit 57. Paraguay sebenarnya berpeluang memenangkan pertandingan ketika mereka juga sama-sama mendapatkan hadiah penalti pada menit 62, tapi eksekusi Derlis Gonzalez berhasil ditepis oleh Franco Armani.

Catatan penalti ini ternyata menjadi rekor yang cukup besar di ajang Copa America 2019. Total kini sudah tercatat lima buah penalti yang diberikan oleh para wasit di ajang terbesar benua Amerika tersebut. Jumlah ini sudah melewatu jumlah penalti Copa America sebelumnya.

Derasnya keputusan wasit memberikan hadiah penalti kepada tim tidak lepas dari peran VAR (Video Assistant Referee). Wasit sering kali harus melihat video rekaman ulang sebagai bahan pertimbangan, dan tim yang tertangkap basah jelas tidak bisa berkutik.

Total pertandingan sampai saat ini adalah 10 pertandingan yang sudah dimainkan dalam ajang Copa America 2019. Empat pertandingan masing-masing digelar melalui Grup A dan B, sedangkan Grup C baru memainkan dua pertandingan.

Sepuluh pertandingan itu telah memunculkan nama wasit yang paling berperan sebagaimana mereka sudah memberikan lima hadiah penalti secara cuma-cuma atas kinerja VAR. Jumlah ini jelas lebih banyak dari jumlah penalti di ajang Copa America Centenario 2016 dengan jumlah empat penalti dalam 32 pertandingan.

Berikut catatan lima penalti yang sudah hadir di ajang Copa America 2019:

[15-06-2019] Brasil vs Kolombia (Philippe Coutinho; Brasil; gol)
[17-06-2019] Paraguay 2-2 Qatar (Oscar Cardozo; Paraguay, gol)
[19-06-2019] Bolivia 1-3 Peru (Marcelo Moreno Martins; Bolivia; gol)
[20-06-2019] Argentina 1-1 Paraguay (Lionel Messi; Argentina; gol)
[20-06-2019] Argentina 1-1 Paraguay (Derlis Gonzalez; Paraguay; tidak gol).

Lima penalti diatas bisa dibuktikan hanya empat tendangan yang terkonversi menjadi gol. Hanya Derlis Gonzalez yang gagal memaksimalkannya jadi gol. Kini prediksi gol dari titik putih masih bisa saja terjadi, pasalnya Copa America 2019 masih dalam babak fase grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *