Copa America 2019

Tanpa Neymar, Tidak Ada Tarian Samba di Copa America 2019

Ajang Copa America 2019 dijadikan sebagai misi juara bagi Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah. Menargetkan juara tidak menciutkan Brasil yang bermain tanpa Neymar lantaran cedera beberapa hari lalu. Sampai sejauh ini target itu realistis sebagaimana Brasil belum pernah kalah sejak tersingkir di Piala Dunia 2018 lalu.

Armada Tite itu melewati 10 pertandingan tak terkalahkan dan memasuki Copa America dengan kepercayaan diri tinggi. Namun sayang, momen indah itu harus ditutup dengan momen buruk dipertandingan melawan Qatar, Neymar menderita cedera pergelangan kaki yang memaksanya absen pada Copa America nanti.

Tanpa Neymar jelas merupakan pukulan besar bagi Chelsea, namun bisa jadi akan menguntungkan skuatnya. Sejauh ini, terlihat sikap Tite yang sedang berusaha melakukan regenerasi skuad demi Brasil yang lebih baik.

Bisa dilihat dari 23 pemain yang dipanggil, hanya ada 14 pemain lama yang berlaga di Piala Dunia 2018 kemarin. Dia mengaku keputusan ini yang paling sulit. Akan tetapi, nama-nama seperti Richarlison, David Neres, Arthur, dan Lucas Paqueta merupakan wajah-wajah baru yang membela Selecao nanti.

Sikap ini bisa dibilang sebagai langkah menutupi absenya Neymar. Piala Duniua 2018 kemarin adalah momen di mana nama sirkus muncul, Neymar dianggap bermain layaknya seorang pemain sirkus. Dia terlalu mudah jatuh saat dilanggar lawan, lalu bangkit seakan-akan tanpa masalah.

Sikap ini memancing banyak emosi dari penikmat sepak bola dunia. Sejak saat itu dan sampai sekarang ini, nasib buruk terus menimpa Neymar. Dia sering kali dihantam badai cedera, dan Brasil bisa saja untung karena atmosfer sirkus dalam skuad bakal menurun dan hanya fokus bermain di lapangan.

Bisa disebutkan tidak akan ada lagi pemain yang berguling-guling di atas lapangan. Rekan-rekannya bisa membuktikan bahwa mereka bisa memberikan yang terbaik meski bermain tanpa Neymar. Di lain sisi ada nama Philippe Coutinho yang bakal diminta membuktikan diri, serta Gabriel Jesus yang diam-diam bisa merepotkan lawan dengan label pemain muda.

Harapan kepada Brasil jelas begitu tinggi, dan mereka mungkin mampu mengatasinya sebagai tim, bukan mengandalkan satu bintang bernama Neymar. Absennya Neymar bisa menguntungkan Brasil dan bisa juga memberikan kesempatan bagi pemain lain dalam ajang pembuktian diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *