Philipp Lahm Isyaratkan Akan Pensiun Dalam Waktu Dekat

Philipp Lahm selaku kapten tim dari klub sepakbola Bayern Munich ini disebut-sebut akan mengumumkan bahwa pada tahun 2017 akan menjadi tahun terakhirnya dalam berkarir dalam sepakbola.

Philipp Lahm mengaku kondisi tubuhnya ini sudah kalah bersaing dengan pemain lainnya, dan mengatakan jika fisiknya sudah tidak kuat lagi untuk bermain di level tinggi sepakbola. Kapten tim yang berusia 33 tahun ini sebenarnya mengumumkan niatnya untuk pensiun setelah kontraknya berakhir pada musim 2018 mendatang, namun dirinya menegaskan kondisi fisik memang tidak bisa menipu hasilnya.

“ Saya saat ini sedang kesulitan dalam memutuskan kapan akan menggantung sepatu, mungkin saja musim ini akan menjadi musim pamungkas saya atau di tahun 2017 nanti. Masa depan saya tidak tergantung pada gelar juara yang kami dapat, tapi tergantung bagaimana kemampuan fisik saya, ” kata Lahm.

Menurut pemain ini, dirinya masih ingin merumput, namun akan segera memutuskan waktu yang tepat untuk pensiun. Lahm menambahkan, ia masih memiliki kontrak hingga 2018 dengan Bayern, sehingga tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan.

Philipp Lahm telah memberikan banyak kontribusi kepada Bayern Munich, dengan delapan gelar juara di Bundesliga, satu kali gelar trofi Piala Champions, satu Piala Super Cup, dan satu trofi FIFA World Club dan meraih gelar Piala Dunia pada 2014 lalu.

Lahm juga tercatat telah bermain di 312 laga laga dengan Bayern Munich dan meski hanya memberikan total 12 gol, cara kepemimpinannya sudah tidak diragukan lagi di atas lapangan untuk memotivasi terus rekan-rekannya (Lo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *