Meresahkan, Klub Sepakbola Asal China Siap Membeli Pemain Dunia

Kekuatan ekonomi dari klub-klub sepakbola China kini sudah tidak dapat dianggap sepele, belakangan ini dunia sepakbola mereka mendapatkan Carlos Tevez dari Boca Juniors yang pindah ke Guangzhou Evergrande.

Sebelumnya sempat disebutkan bahwa Carlos Tevez akan berlaga sampai pensiun di Boca Juniors,  namun dirinya memutuskan untuk berkarir di tim lain. Tidak hanya itu, dunia sepakbola juga kaget dengan nilai gaji Tevez di Guangzhou Evergrande, yakni sekitar Ł600.000 untuk tiap minggunya.

Perekonomian yang kuat menjadi senjata utama klub sepakbola China tersebut, bahkan ada berita yang menyebutkan bahwa mereka siap memberikan gaji hingga Ł700.000 atau Ł800.000, berlipat-lipat dari gaji seorang pemain dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Hingga kini, banyak pemain  Eropa yang sudah berlaag di China, dengan beberapa pemain muda seperti Oscar yang kini memperkuat Shanghai SIPG. Bahkan ada yang meyakini China Super League akan berkembang dengan pesat seperti di Eropa.

Pemain besar lainnya, seperti Harry Kane, Dele Alli, hingga Anthony Martial, dan lainnya akan menjadi rebutan untuk tim-tim asal negeri Tirai Bambu tersebut. Yang paling baru yakni pindahnya Jon Obi Mikel, rekan Oscar ke China dan masuk ke klub sepakbola Tianjin Teda.

Hal ini bisa saja menjadikan rasa cemas kepada para pemilik klub sepakbola di benua Eropa jika harus kehilangan pemain-pemain berbakatnya yang tertarik karena penawaran menarik yang sulit untuk ditolak. (Lo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *