Jerman Dan Turki, Kandidat Tuan Rumah Piala Eropa 2024

Calon tuan rumah Piala Eropa 2024 saat ini tinggal dua negara, yakni Jerman dan Turki. Keduanya akan sama-sama bersaing demi merebut posisi sebagai tuan rumah untuk turnamen sepakbola terbesar di Eropa itu.

Sampai tenggat waktu yang diberikan UEFA, yakni 3 Maret 2017, hanya Jerman dan Turki yang begitu serius untuk menjadi tuan rumah Piala UEFA 2024. Federasi Sepakbola untuk dua negara itu sudah menyerahkan berkas bidding yang diberi waktu sampai bulan April 2018 yang akan datang. Pihak federasi akan menentukan siapa tuan rumah Piala Eropa 2024, pada bulan September 2018 nanti.

“ Ada dua kandidat kuat yang akan menjadi tempat dilaksanakannya kompetisi Piala Eropa. Kami begitu sulit untuk menentukannya, ” kata Sekretaris Jenderal UEFA, Thedorore Theodoris.

Jerman Barat sempat menjadi lokasi perhelatan Piala Eropa 1988 dan Piala Dunia 1974. Setelah Jerman Barat dan Jerman Timur memutuskan untuk bersatu, mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 yang lalu. Di sisi lain, Turki selalu tak berhasil tiap mengajukan diri menjadi tuan rumah turnamen besar.

“ Memiliki banyak pengalaman, infrastruktur tempat laga, dan keadaan di Jerman, kami bersiap melaksanakan turnamen kelas satu, ” kata Presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel.

Sementara itu, Presiden Federasi Sepakbola Turki atau TFF, yakni Ylidirim Demiroeren sepertinya tida mau kalah saing dari Jerman. Walaupun dalam tiga waktu bidding sebelumnya selalu tak berhasil, kali ini pihak mereka optimis bahwa Turki dapat menjadi tuan rumah untuk perhelatan besar ini.

“ Kami ingin, dalam kesempatan yang keempat ini kami mendapat kesempatan. Kami mendapatkan keberuntungan dari banyak sektor tentunya. Dalam beberapa tahun belakangan ini, terdapat 32 stadion baru sudah dan dalam proses pembangungan di negara kami ini, ” ujar Yildirim.

Dengan investasi seperti ini, Turki sepertinya membuktikan pada dunia bahwa mereka memiliki komitmen pada pembangunan infrastruktur sepakbola. (Lo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *